Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khataman Al-Qur'an Massal di Sulawesi Selatan Menggunakan Aplikasi PUSAKA: Menguatkan Literasi Agama di Era Digital

Khataman Al-Qur'an Massal di Sulawesi Selatan Menggunakan Aplikasi PUSAKA: Menguatkan Literasi Agama di Era Digital

Khataman Al-Qur'an Massal di Sulawesi Selatan Menggunakan Aplikasi PUSAKA: Menguatkan Literasi Agama di Era Digital

Media Desa Info - Makassar - Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan khataman Al-Qur'an yang diikuti oleh puluhan ribu pelajar dari seluruh kota dan kabupaten. Salah satu hal yang unik dalam Khataman Al-Qur'an ini adalah penggunaan mushaf yang terdapat dalam aplikasi PUSAKA Superapps yang dimiliki oleh Kementerian Agama.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Khaeroni, menyatakan, "Ini merupakan salah satu upaya kami untuk memperkenalkan aplikasi PUSAKA. Kami berharap para pelajar yang sudah akrab dengan dunia digital dapat mengakses aplikasi PUSAKA ini."

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, serta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Khaeroni. Khataman Al-Qur'an Massal ini dilaksanakan di Lapangan Karebosi Makassar pada tanggal 29 Mei 2023 pukul 18.00 WITA. Khaeroni menjelaskan, "Selain diikuti secara langsung oleh para pelajar di Kota Makassar, kegiatan ini juga akan diikuti secara daring oleh siswa-siswa dari 23 kota/kabupaten di Sulawesi Selatan."

Untuk dapat mengikuti khataman ini, para siswa diharapkan telah menginstal aplikasi PUSAKA pada perangkat mereka sebelumnya. Aplikasi PUSAKA ini dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore. "Setelah mengunduh aplikasi, para siswa akan membaca masing-masing 1 juz sesuai dengan maqra' yang telah ditentukan," jelas Khaeroni.

Kegiatan khataman Al-Qur'an ini menjadi momen penting dalam upaya memperkuat literasi agama di kalangan pelajar Sulawesi Selatan. Dengan memanfaatkan teknologi melalui aplikasi PUSAKA, diharapkan generasi muda dapat lebih terlibat dalam mempelajari dan memahami isi Al-Qur'an.

PUSAKA Superapps merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama sebagai sarana untuk memudahkan akses terhadap berbagai informasi keagamaan. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur, termasuk mushaf Al-Qur'an digital yang lengkap dengan tajwid dan terjemahan, serta audio yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lantunan ayat suci.

Dalam khataman Al-Qur'an ini, para siswa diwajibkan menginstal aplikasi PUSAKA pada perangkat gawai mereka. Hal ini bertujuan agar mereka dapat membaca dan menghafal satu juz Al-Qur'an sesuai dengan maqra' yang telah ditentukan. Dengan demikian, khataman ini tidak hanya menjadi ajang pengukuhan hafalan Al-Qur'an, tetapi juga sebagai upaya mengenalkan dan memanfaatkan teknologi dalam membantu proses pembelajaran agama.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, turut mendukung dan menghadiri acara ini sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pendidikan agama di daerah tersebut. Dalam era digital ini, penggunaan aplikasi PUSAKA sebagai alat bantu pembelajaran agama diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat keimanan dan pemahaman pelajar terhadap Al-Qur'an.

Posting Komentar untuk "Khataman Al-Qur'an Massal di Sulawesi Selatan Menggunakan Aplikasi PUSAKA: Menguatkan Literasi Agama di Era Digital"